About my Blog

Selamat Datang di Blog Choc'O'range! Blog ini hanyalah blog sederhana namun semoga bagi yang memerlukan apa yang terdapat dalam blog ini dapat terbantu. Tentu blog ini pun memiliki kekurangan, maaf jika ada salah penulisan maupun salah kata. Kunjungi blog ini terus yaaaa! ;D.

Minggu, 03 April 2011

Langkah Kita Dalam Waktu 6 Menit

Penelitian menunjukkan bahwa penuaan dan gaya hidup yang tidak aktif dapat memicu pengerasan arteri dan masalah kesehatan seperti obesitas, hipertensi, dan intoleransi glukosa. Adapun keadaan tersebut dapat berujung pada penyakit seperti penyakit jantung koroner, gagal ginjal, diabetes, dan stroke. Karena itu, sangatlah penting untuk
menjaga gaya hidup serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.
Tes berjalan selama 6 menit (6-minute walk test) dapat digunakan untuk mengevaluasi tingkat kesehatan1. Penelitian menunjukkan bahwa 6-minute walk test berkaitan dengan kadar lemak dalam tubuh serta tekanan darah. Semakin jauh jarak yang dapat ditempuh dalam menit, semakin rendah kadar lemak dalam tubuh. Penelitian pun menunjukkan bahwa hasil 6 minute walk test ini berkaitan dengan fungsi kardiovaskular. Karena itu, tes ini biasa digunakan untuk mengecek keadaan kesehatan tubuh.
Ketentuan dalam Pengukuran 6-minute walk test
Ada beberapa ketentuan yang perlu dipenuhi dalam pelaksanaan tes ini, antara lain:
  1. Gunakanlah alas kaki dan pakaian yang nyaman.
  2. Berjalanlah sendiri, tanpa ditemani orang lain
  3. Gunakan lintasan atau koridor. Jangan menggunakan treadmill.
  4. Gunakan lintasan lurus, jangan menggunakan lintasan yang berbentuk oval atau lingkaran.
  5. Sebaiknya tidak berolahraga selama 2 jam sebelum melakukan tes ini. Disarankan pula untuk duduk dan beristirahat minimal 10 menit sebelum pelaksanaan tes.
  6. Jangan berbicara selama tes. Fokuslah pada tes yang sedang dijalankan.
Adapun cara pelaksanaan tes ini cukup mudah. Peserta diminta untuk menempuh jarak sejauh mungkin dalam waktu 6 menit. Apabila perlu, kata-kata penyemangat dapat diberikan. Jarak yang ditempuh tersebut dapat digunakan sebagai indikator tingkat kesehatan.
Interpretasi Hasil 6-minute walk test
Berikut adalah jumlah jarak rata-rata yang ditempuh selama 6 menit pada orang sehat dengan berbagai rentang usia.
Usia (tahun)
Jarak ditempuh (m)
Pria
Wanita
20
809
734
25
794
719
30
779
704
35
764
689
40
749
675
45
734
660
50
719
645
55
704
630
60
689
615
65
674
600
70
660
585
75
645
570
80
630
555
Apabila jarak yang Anda tempuh berada di sekitar standar, dapat dikatakan bahwa tubuh Anda cukup fit! Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap harus mempertahankan gaya hidup sehat Anda.
Apabila jarak yang dapat Anda tempuh berada di bawah standar, Anda perlu mencari penyebabnya! Hasil six-minute walk test yang rendah dapat dijadikan indikasi tingginya kadar lemak tubuh, kurangnya nutrisi, kurangnya kekuatan otot, atau gangguan pada fungsi jantung, paru-paru, dan pembuluh darah. Segeralah beralih ke gaya hidup sehat! Perbanyak olahraga dan konsumsi serat. Batasi makanan tinggi gula dan tinggi lemak. Bila perlu, konsumsilah makanan dengan kalori terkontrol untuk menjaga asupan kalori Anda.

Mulai hidup sehat untuk kesehatanmu! ;D
Source: tropicanaslim.com

0 komentar:

Posting Komentar

Kesukaan Saya

  • Buku: Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, Maryamah Karpov, Sebelas Patriot
  • Film: Laskar Pelangi, King, Sang Pemimpi, The Bourne Trilogy, Vantage Point, Narnia 123, Edensor