About my Blog

Selamat Datang di Blog Choc'O'range! Blog ini hanyalah blog sederhana namun semoga bagi yang memerlukan apa yang terdapat dalam blog ini dapat terbantu. Tentu blog ini pun memiliki kekurangan, maaf jika ada salah penulisan maupun salah kata. Kunjungi blog ini terus yaaaa! ;D.

Minggu, 03 April 2011

Rajinlah Gosok Gigi ;)

Malas menggosok gigi? Berhati-hatilah karena Anda lebih rentan terkena penyakit jantung koroner!
Penelitian menunjukkan bahwa responden yang jarang menyikat gigi memiliki resiko terkena penyakit jantung 70% lebih tinggi dibandingkan responden yang menyikat gigi dua kali sehari. Hal ini menunjukkan adanya kaitan antara kesehatan gigi dengan penyakit jantung.
Responden yang jarang menyikat gigi lebih rentan terkena penyakit gigi dan gusi akibat infeksi bakteri. Aktivitas bakteri di gigi dan gusi mengakibatkan plak yang menimbulkan peradangan. Akibatnya, terjadi peningkatan kadar marker inflamasi seperti CRP, IL-6, dan adiponection. Selain itu, responden yang jarang menyikat gigi pun cenderung memiliki kadar trigliserida yang tinggi serta kadar kolesterol HDL yang rendah. Padahal, tingginya kadar inflamasi, tingginya kadar trigliserida, serta rendahnya serum HDL berperan dalam meningkatkan resiko penyakit jantung.
Penelitian pun menunjukkan bahwa bakteri yang merupakan patogen gigi dan gusi seperti Porphyrimonas gingivalis ditemukan pada plak yang menyumbat arteri dan dinding pembuluh jantung. Hal ini menunjukkan bahwa P. gingivalis dapat memasuki jaringan gusi dan memasuki pembuluh darah. Setelah memasuki pembuluh darah, P. gingivalis akan mempercepat pembentukan plak dan pengerasan pembuluh arteri jantung secara langsung maupun tidak langsung. Penyumbatan arteri pun lebih cepat terjadi sehingga resiko penyakit jantung meningkat.
Menyikat gigi terbukti cukup efektif dalam mengurangi prevalensi terjadinya penyakit gigi dan plak. Karena itu, rajinlah menyikat gigi demi kesehatan jantung Anda :)

0 komentar:

Posting Komentar

Kesukaan Saya

  • Buku: Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, Maryamah Karpov, Sebelas Patriot
  • Film: Laskar Pelangi, King, Sang Pemimpi, The Bourne Trilogy, Vantage Point, Narnia 123, Edensor